Fiqih

Qira’ah Sab’ah

Dalam hal membaca al-Qur’an, sudah sering kita mendengar 7 bacaan al-Qur’an atau yang lebih umum disebut dengan “Qira’ah Sab’ah”. Namun banyak di antara kita yang belum mengetahui sejarahnya, perbedaan cara baca dalam Qira’ah Sab’ah dan siapa saja imamnya? 
Berikut adalah kronologi, perbedaan Qira’ah Sab’ah dan imam-imam Qira’ah Sab’ah. Kronologis Qira’ah Sab’ah yang diterangkan dalam kitab al-Majmu’ Syarh al-Muhadzab, juz I, hlm. 123:
وَرَوَى مُسْلِمٌ بِسَنَدِهِ عَنْ أُبَىْ بِنْ كَعْبٍ: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ عِنْدَ أَضَاةِ بَنِى غِفَّارٍ، فَأَتَاهُ جِبْرِيْلُ- عَلَيْهِ السَّلَامَ- فَقَالَ: إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكَ أَن تَقْرَئَ أُمَّتُكَ اَلْقُرْاَنَ عَلَى حَرْفٍ، فَقَالَ: أَسْأَلُ اللهَ مُعَافَاتَهُ وَمَغْفِرَتَهُ، وَإِنَّ أُمَّتِى لَا تُطِيْقُ ذَلِكَ، ثُمَّ أَتَاهُ الثَّانِيَّةَ، فَقَالَ: إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكَ أَنْ تَقْرَئَ أُمَّتُكَ الْقُرْاَنَ عَلَى حَرْفَيْنٍ فَقَالَ: أَسْأَلُ اللهَ مُعَافَاتَهُ وَمَغْفِرَتَهُ، وَإِنَّ أُمَّتِى لَا تُطِيْقُ ذَلِكَ، ثُمَّ جَاءَ الثَّالِثَةَ، فَقَالَ: إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكَ أَنْ تَقْرَئَ أُمَّتُكَ الْقُرْاَنَ عَلَى ثَلَاثَةِ أحَرُفٍ، فَقَالَ: أَسْأَلُ اللهَ مُعَافَاتَهُ وَمَغْفِرَتَهُ، وَإِنْ أُمَّتِى لَا تُطِيْقُ ذَلِكَ، ثُمَّ جَاءَ الرَّابِعَةَ، فَقَالَ: إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكَ أَنْ تَقْرَئَ أُمَّتُكَ عَلَى سَبْعَةِ أَحْرُفٍ، فَأَيْنَمَا حَرْفٌ قَرَءُوْا عَلَيْهِ، فَقَدْ أَصَابُوْا (المجموع شرح المهذب, ج ١، ص.١٢٣)
Diriwayatkan oleh muslim dengan sanad dari abi Ka’ab: sesungguhnya rasullullah saw ketika berada di tanah bani guffar, datanglah malaikat Jibril dan berkata: sesungguhnya Allah perintah kepadamu supaya ummatmu membaca al-Qur’an dalam satu huruf(cara), nabi menjawab: aku mohon kepada Allah kesehatan dan pengampunannya, sesungguhnya ummatku tidak kuasa. Kemudian malaikat jibril datang untuk kedua kalinya dan berkata: sesungguhnya Allah perintah kepadamu supaya ummatmu membaca al-Qur’an dalam dua huruf (cara), nabi menjawab: aku mohon kepada Allah kesehatan dan pengampunannya, sesungguhnya ummatku tidak kuasa. Kemudian malaikat jibril datang untuk ketiga kalinya dan berkata: sesungguhnya Allah perintah kepadamu supaya ummatmu membaca al-Qur’an dalam tiga huruf (cara), nabi menjawab: aku mohon kepada Allah kesehatan dan pengampunannya, sesungguhnya ummatku tidak kuasa. Kemudian malaikat jibril datang untuk keempat kalinya dan berkata: sesungguhnya Allah perintah kepadamu supaya ummatmu membaca al-Qur’an dalam tujuh huruf (cara), maka bacaan manapun yang kamu bisa, lakukanlah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Qira’ah Sab’ah "

Post a Comment